Jumat, 26 Februari 2010

study tour ke gua mampu

hari itu tanggal 21 februari 2010, kami kelas x.5 bersama dengan kelas x.1, x.2, x.3 mengadakan study tour ke gua mampu dengan mata pelajaran bahasa daerah, wah kira-kira perjalanan kami dari soppeng sampai sana sekitar 2 jam. Namun lamanya perjalan kami sudah terbayar dengan kehindahan yang dipancarkan oleh gua mampu. Untuk cerita selengkapnya silakan baca posting di bawah ini:

Ternyata goa mampu adalah sebuah perkampungan hasil kutukan.juga tempat ketiga kerajaan terbesar berada yakni kerajaan bone, kerajaan mampu, dan kerajaaan gowa.

1) permulaaan masuk kita mendapatkan sebuah batu yang mirip dengan kapal, namanya adalah {lopi kincarae}









2) oddang patara{kuburan raja mampu}. Namun menurut pemandu belum ada yang memastikan bahwa kuburan tersebut terdapat patung raja mampu.








3) juga terdapat buaya buntung berwarna putih yang lagi-lagi menjadi batu. Konon buaya putih tersebut adalah penunggu pelabuhan. Dia dapat menjadi batu karena pada saat di naik didarat terjadi pulalah kutukan ditempat tersebut. Didepan buaya itu juga terdapat batu yang mirip kepiting.









4) selain itu juga ada miniatur sawah yang menjadi batu{nyapanyula}. Jadi dapat disimpulkan pada zaman sebelum terjadinya kutukan, orang-orang ditempat tersebut kebanyakan memilih sektor pertanian.

5) ada bekas galian seseorang, karena mendapat ilham bahwa ada harta di tempat tersebut, tapi apa boleh kata ternyata tidak ada harta didalamnya.

6) ada juga dua anak muda sedang pacaran, tetapi saat mau melakukan hal yang senonoh , kutukan pun terjadi sehingga mereka pun juga harus menjadi batu. Namun batu itu mengeluarkan air dari bagian atas, oleh pemandu dinamakan air jodoh.








7) orang yang melahirkan ikut juga menjadi batu, sehingga ketiga anak yang dilahirkannya ikut menjadi batu.{tongge manae}








8) ada cerita bahwa putri raja mampu sangat suka memakan daging rusa, lalu sang putri menyuruh salah satu pengawalnya untuk menangkap seekor rusa. Sang pengawal memasang jebakan untuk rusa, dan berhasil seekor rusa terjebak di pohon nangka itu, tapi terjadi kutukan sehingga lagi-lagi menjadi batu. Namanya rusa terperanggkap{tassio jonga}









9) ada juga kuburan permaisuri yang tidur tengkurap dan menjadi batu. Begini ceritanya saat permaisuri sudah mandi dia melihat rombongan pengantin, dan dia langsung sembunyi dengan tidur tengkurap, saat itu terjadilah kutukan.








10) ada sebuah pasangan, tapi si laki-laki tidak menyukai perempuan karena dia bungkuk. Sebaliknya perempuan tidak menyukai si laki-laki karena jakunnya panjang.

11) tau silariang-> keluarga perempuan mengejar tetapi yang laki-laki tetap membawa lari perempuan kedepan penghulu, saat itu terjadi kutukan.








12) orang yang matennung-> barang siapa yang mengambilkan cerepong, jika laki-laki akan dijadikan istri, jika perempuan akan dijadikan saudara. Tetapi yang mengambilkannya adalah anjing,dengan menggigitnya . lalu sang patennung berfikir mana mungkin saya menikahi seekor anjing. Lalu anjing itu berbicara bahwa hatimu sekeras batu, karena tidak dapat menepati janji mu, lalu anjing itu mengutuknya. Sedangkan ceropongnya dibawa ke eropa.

13) kaki raksasa

14) tanah pitulatie

15) lumbung garam









16) kuda sembrani

17) seorang perempuan mengambil suami orang(selingkuh) sehingga dia dibelah lalu digarami layaknya seperti ikan.

18) ada sebuah batu yang jika bersentuhan maka akan terjadi bencana (batu pedoman)

19) batu yang berbentuk kucing yang dibagian atasnya, untuk menjaga paduka raja.

Itulah hasil study tour kami ke gua mampu, semoga bermanfaat bagi saudara

By arnan arkhilaus

FOTO-FOTO KENANGAN DI GUA MAMPU



Foto0175Foto0173Foto0172Foto0170Foto0169Foto0165Foto0155Foto0154Foto0153Foto0149S5004436

4 komentar:

JANGAN LUPA KOMENTAR NYA YANG MEMBANGUN